Kamis, 06 Oktober 2016

Penanganan Hidrosefalus Pada Bayi

Penanganan Hidrosefalus Pada Bayi

Penanganan Hidrosefalus Pada Bayi
Hidrosefalus terjadi karena adanya permasalahan aliran cairan di dalam otak (cairan serebrospinal) yang menjadikan kepala membesar dan menekan jaringan otak serta saraf-saraf di sekitarnya. Penyebabnya bermacam-macam, dan yang paling sering ialah dikarenakan adanya kelainan bawaan sejak lahir yang disebabkan oleh infeksi toksoplasmosis ketika masih di rahim. Sehingga apabila ditemukan infeksi pada ibu hamil, maka biasanya bayi yang dilahirkan akan mengalami penyakit hidrosefalus.

Mendeteksi penyakit hidrosefalus bisa dilakukan dengan cara sederhana, yaitu dengan rutin mengukur lingkar kepala saat pemeriksaan di bidan atau dokter saat imunisasi. Bahkan mengukur kepala bayi bisa dilakukan siapa saja, asal mengetahui caranya. Yaitu dengan menggunakan meteran kain yang biasanya digunakan oleh penjahit.

Pengukuran kepala bayi dilakukan dengan mengelilingi lingkar kepala melewati kedua alis melingkari belakang kepala di bagian yang paling menonjol. Ukuran lingkar kepala bayi yang normal ialah antara 30-37 cm. Selanjutnya lingkar kepala bayi akan mengalami pertumbuhan di  usia 0-3 bulan sebesar 2 cm, pada usia 4-6 bulan akan bertambah 1 cm/bulan. Selanjutnya pada umur 6-12 bulan lingkar kepala bayi akan mengalami pertambahan 0,5 cm per bulannya. Dan yang terakhir pada usia anak anda balita hanya akan bertambah 50 cm, sedangkan pada usia 12 tahun maka ukuran kepala anak akan menetap dan tidak akan membesar lagi.
Penanganan Hidrosefalus Pada Bayi
Jika hasil pengukuran tidak sesuai dengan pertambahan diatas, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ada indikasi penyakit hidrosefalus ataukah tidak.

Pemeriksaan dokter untuk memastikan penyakit hidrosefalus atau karena penyebab lain adalah dengan melakukan CT-Scan untuk memastikan apakah memang kelainan itu hidrosefalus atau ada penyebab lain. Apabila memang ada kelainan ringan, dokter akan menyedot cairan di otak bayi dan bayi bisa tumbuh dengan sehat kembali.

Jika anda sedang mencari obat hidrosefalus yang khasiatnya sudah terbukti secara nyata dan juga aman segera KLIK dan baca artikel berikut ini => Obat Hidrosefalus

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar